DPMPTSP Konawe Utara Terima Kunjungan Tim Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara

Wanggudu. Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara mendatangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Konawe Utara dalam rangka pelaksanaan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik, Selasa (22/08/2023).

Foto Bersama Tim Penilai, Kadis DPMPTSP, Asisten 3, Kabag Ortala beserta seluruh jajaran DPMPTSP

Tim Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara sebanyak dua orang orang tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas PMPTSP Kab. Konawe Utara Ir. Sofian Syahrul, ST., MM. beserta jajaran, dan turut mendampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. La Ondjo, M.Si., Serta Ahmad Sukanto Thayeb, SKM., M.Si, Selaku Kepala Bagian Organisasi, dan Baharuddin Ambo Dangko, S.Si, Koordinator Sub Bagian Pelayanan Publik Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Melalui Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023 ini, diharapkan dapat mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sesi Diskusi di akhir penilaian

Aan andrian salah satu Tim Penilai dari Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara mengatakan, fokus penilaian pada tahun ini tidak hanya mengenai ketersediaan standar pelayanan dan penilaian persepsi maladministrasi saja, namun juga mengukur kompetensi penyelenggara layanan, sarana dan prasarana, dan pengelolaan pengaduan.

“Hasil dari penilaian tersebut akan menghasilan Opini Pengawasan Pelayanan Publik. Dengan adanya penilaian ini akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan nonperizinan kepada masyarakat,” jelas Aan andrian.

Dirinya juga menjelaskan teknis penilaian yang akan dilakukan, mulai dari berkas administrasi yang perlu dipersiapkan pihak Dinas PMPTSP hingga wawancara kepada pemberi layanan dan pengguna layanan secara langsung.

“Ada beberapa hal yang perlu kami konfirmasi terkait produk layanan. Jadi kami disini akan mengambil 2 produk layanan di PTSP dan kami ranking produk layanan apa yang paling banyak diakses oleh pengguna layanan di Kabupaten Konawe Utara non OSS,” jelasnya lebih lanjut.

Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. La Ondjo, M.Si., Serta Ahmad Sukanto Thayeb, SKM., M.Si, Selaku Kepala Bagian Organisasi dalaam melakukan pendampingan

Dalam Sambutanya, Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. La Ondjo, M.Si., menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnta atas kehadiran Tim Penilai dari Ombusdman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara. Beliau juga menyampaikan agar kiranya Tim dari Ombudsmen RI Perwakilan Sulawesi Tenggara dapat menyampaikan apa saja kekurangan dalam hal pelayanan public yang ada di DPMPTSP.

“Kiranya Bapak-Bapak Tim Penilai dapat menyampaikan kepada kami apa saja kekurangan-kekurangan dalam hal pelayanan public di DPMPTSP agar nantinya kami bisa perbaiki dan kualitas pelayanan di DPMPTSP bisa lebih meningkat lagi”. Ujar Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. La Ondjo, M.Si.

Observasi Dokumen Standar Pelayanan Oleh Tim Penilai

Arfa selaku Tim Penilai yang melakukan observasi dokumen menjelaskan bahwa pada dasarnya hasil penilaian obesrvasi dokumen di DPMPTSP Kabupaten Konawe Utara Sangat bagus.

“Untuk observasi Standar Pelayanan, alhamdulillah DPMPTSP sdah bagus, seluruh komponen Standar Pelayanan sudah terpenuhi semua, dari segi Informasi public juga sudah bagus karna DPMPTSP Konawe Utara sudah memiliki Website yang up to date, berbagai informasi sudah bisa di akses melalui website”, jelas Arfa.

Observasi Sarana Prasarana Oleh Tim Penilai

Sementara, Kepala Dinas PMPTSP Kab. Konawe Utara Ir. Sofian Syahrul, ST., MM. mengatakan, dengan adanya penilaian penyelenggaraan pelayanan publik, dapat menjadi acuan bagi Dinas PMPTSP untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik dan maksimal.

Ir. Sofian Syahrul, ST., MM. Selaku Kepala Dinas PMPTSP Kab. Konawe Utara

“Sebagai penyelenggara pelayanan, kami dari pihak Dinas PMPTSP terus berupaya memberikan kinerja terbaik dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Ia mengaku, dengan meningkatnya kualitas pelayanan dan meningkatnya kepuasan masyarakat, maka tentu akan semakin menumbuhkan citra positif dan kepercayaan publik kepada pemerintah. (Azaq)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *